Tuesday, December 4, 2012

Cinemagraph - Keindahan Gerak Dalam Foto Statis


Kami membuat postingan ini sebagai intermeso atau selingan bagi postingan-postingan kami tentang Kurikulum 2013. Ya supaya tidak jenuh. Mari rileks sedikit sambil menghibur diri, plus nambah pengetahuan tentang hal lain. Postingan penyeling ini adalah tentang cinemagraph. Apa itu cinemagraph?
 
Definisi wikipedia untuk cinemagraph adalah seperti ini:
Cinemagraphs adalah foto-foto statis (diam) di mana di dalamnya gerakan kecil dan berulang terjadi. Cinemagraphs, yang biasanya diterbitkan dalam bentuk animasi berformat GIF, dapat memberikan ilusi bahwa penonton sedang menonton video.
Mereka umumnya diproduksi dengan mengambil serangkaian foto-foto atau rekaman video, dan, dengan menggunakan software image editing, mengkomposisi foto-foto atau frame video ke dalam sebuah loop mulus frame berurutan, sering menggunakan format file GIF animasi sedemikian rupa sehingga gerak di bagian subjek antara eksposur (misalnya, kaki menggantung seseorang) dianggap sebagai gerakan berulang atau kontinyu, dalam  kontras  dengan sisa gambar yang bersifat statis.
Istilah "cinemagraph" ini diciptakan oleh fotografer AS Kevin Burg dan Jamie Beck, yang menggunakan teknik ini untuk menghidupkan foto fashion dan berita mereka mulai pada awal tahun 2011.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat saja beberapa contoh cinemagraph-nya:

cinemagraph
 Api yang terus menyala

cinemagraph
 tiup terus, Neng....!

cinemagraph
 Wow, lihat air yang terus mengalir...!

cinemagraph
 Beautiful...!

cinemagraph
Kota yang ramai

cinemagraph
 Wah kalau berdirinya sama saya, pasti mirip di adegan Titanic, Neng...!

Indah bukan?! Lumayanlah sebagai perintang pikiran. Ini hanya beberapa contoh cinemagraph yang sengaja Admin ambil yang ringan, yang ukuran filenya tidak terlalu besar. Maklum walau berformat GIF, cinemagraph cukup berat untuk di pasang di blog. Kecuali untuk koleksi di PC atau laptop, silakan Anda cari sebanyak mungkin. Mudah saja: ketik cinemagraph di Google atau search engine lain lalu enter ( he he he kayak ngajarin anak kecil, ya..!? Maaf!)

Catatan: cinemagraph-cinemagraph di atas diambil dari beberapa situs atau blog. Mohon maaf tidak kami cantumkan asal-usulnya. Lupa dari situs/blog mana saja foto-foto tersebut diadopsi (he he he kayak anak kucing saja diadopsi....!).



Penulis asli tulisan ini ada pada admin smppgrijatinangor.blogspot.com.
Copy paste (copas) silakan, tapi dimohon cantumkan sumber asli tulisan.


Share Article on :

No comments:

Post a Comment