Tuesday, May 28, 2013

Cara Memperoleh PIN SBMPTN Untuk Peserta Bidik Misi


cara mendapatkan PIN SBMPTNTidak semua peserta SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) lulus seleksi, termasuk yang mengambil jalur Bidikmisi. Ya apa boleh buat. Mau bagaimana lagi. Yang penting jangan patah semangat dulu. Masih ada jalur lain untuk mendapatkan kesempatan kuliah di PTN yaitu dengan cara mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN).

Cara mendaftar SBMPTN adalah dengan mengunjungi situs SBMPTN dengan alamat: http://sbmptn.or.id/utama.php. Klik tab menu Pendaftaran yang ada di bagian kiri situs. Kemudian klik pilihan no 1 yaitu http://ujian.sbmptn.or.id. Kamu akan diminta untuk mengisikan KAP dan PIN SBMPTN.

Bagi kamu peserta bidikmisi, dimana mendapatkan KAP dan PIN tersebut?

Cara mendapatkan KAP dan PIN adalah dengan mengunjungi situs bidik misi di alamat http://bidikmisi.dikti.go.id/. Kamu login dengan klik menu Siswa/Alumni, masukkan nomor pendaftaran dan kode akses. No pendaftaran dan kode akses bidikmisi kamu dapat ketika mendaftar ke jalur bidikmisi dan tentu masih kamu simpan, kan? Jika lupa kode akses bidikmisi, coba minta bantuan sekolah. Sekolah bisa login ke situs bidik misi untuk melihat kode akses masing-masing siswanya. Sedangkan no pendaftaran bisa kamu dapatkan dengan mencetak kartu peserta bidik misi di situs bidikmisi setelah kamu login tentunya.

Setelah login, klik pilihan no 8 Pilih Seleksi. Akan muncul pilihan seleksi. Kamu cari SBMPTN kemudian klik Ikuti Seleksi. Akan muncul pengisian kelengkapan seleksi yaitu nama seleksi, tahun, dan kamu diminta untuk mengisikan KAP SNMPTN. Masukkan KAP SNMPTN kamu. KAP SNMPTN ada pada kartu peserta SNMPTN. Jika sudah, klik simpan. Pada bagian konfirmasi, klik lagi simpan. Nah akan muncul deh detail seleksi kamu dimana muncul no pendaftaran, KAP, dan PIN SBMPTN. Catat tuh data tersebut. Jika sudah, klik selesai.

Setelah KAP dan PIN SBMPTN didapatkan, kembali ke situs SBMPTN dan sekarang kamu sudah bisa mendaftarkan diri. KAP yang diberikan situs bidikmisi terdiri dari 12 digit. Di situs SBMPTN kamu bagi dua saja masing-masing 6 digit. Sedangkan untuk PIN yang terdiri dari 16 digit, bagi empat sehingga dimasukkan  masing-masing 4 digit.

OK good luck! Di SNMPTN boleh gagal, di SBMPTN kamu mati-matian supaya bisa lolos. Ayo jangan patah semangat! Raih mimpimu!

Share Article on :

6 comments:

  1. udah mengisi KAPnya di bidikmisi, tapi malah suruh ngisi lg dengan benar. katanya ada kesalahan. bagaimana ini?

    ReplyDelete
  2. Tapi kalau SBMPTNnya sudah diterima dan ingin mengetahui KAP dan PINnya lagi, bagaimana caranya?

    ReplyDelete
  3. Semisal saya sudah alumni trus daftar sbmptn untuk mendapatkan pin bidik misi bagaimana kaka?

    ReplyDelete
  4. Kalo tidak ikut snmptn tapi mau ndaftar sbmptn pakek bidikmisi bisa nggak kak?

    ReplyDelete