Thursday, December 13, 2012

SNMPTN 2013 Gratis Biaya Pendaftaran

SNMPTN 2013


Biaya Pendaftaran SNMPTN 2013


Untuk mendaftar SNMPTN 2013, siswa pelamar tidak akan dikenakan biaya pendaftaran (gratis). Ini merupakan ketentuan baru yang dikeluarkan pemerintah karena sebelumnya, yaitu pada SNMPTN 2012, masih ada biaya pendaftaran.

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.
  2. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:
  1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
Mengenai persyaratan pendaftaran SNMPTN 2013 dapat dilihat pada postingan kami sebelumnya: Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2013. Sedangkan tentang cara pendaftaran SNMPTN 2013 dapat dilihat pada postingan: Cara Mendaftar SNMPTN 2013.

Lain-lain


Siswa yang akan melanjutkan studi di PTN tetapi terkendala dengan biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
Share Article on :

No comments:

Post a Comment