Wednesday, November 14, 2012

Kurikulum Baru 2013 Siap Diuji Publik Bulan Desember 2012


Kurikulum baru 2013 Siap diuji publik bulan Desember 2012
Pemerintah siap mensosialisasikan Kurikulum 2013 kepada masyarakat mulai bulan Desember 2012 mendatang. Untuk itu pemerintah meminta kepada semua pihak untuk turut serta menilai rancangan kurikulum baru ini sebagai bahan masukan dan pertimbangan pemerintah.

"Uji publik rencananya akan dilakukan selama dua sampai tiga minggu. Publik bebas mengutarakan pendapatnya sebagai bahan pertimbangan," kata mendikbud, Mohammad Nuh, saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Sikap serta penilaian publik diperlukan terutama terkait dengan alternatif teknis penerapan kurikulum 2013, serta keberadaan mata pelajaran IPA dan IPS di tingkat sekolah dasar (SD).

Berikut alternatif yang muncul terkait teknis penerapan kurikulum baru 2013:
  1. Kurikulum baru hanya diterapkan untuk siswa kelas I, IV, VII dan X untuk seluruh sekolah. 
  2. Kurikulum baru diberlakukan bagi siswa kelas I, IV, VII dan X untuk beberapa sekolah saja."Alternatif kedua ini punya kelemahan. Dengan memilih beberapa sekolah ini, takutnya muncul opini diskriminasi sekolah," jelas Nuh.
  3. Diberlakukan untuk seluruh kelas di seluruh sekolah. 
  4. Penerapannya untuk seluruh kelas di beberapa sekolah. 
Namun melihat kondisi, akan lebih baik jika mulai dilakukan dengan alternatif pertama untuk Juni 2013 nanti.
"Jika dengan alternatif pertama ini, maka 2014 baru akan ditambahkan untuk kelas II, V dan VI. Tapi untuk kelas di tahapan akhir tiap jenjang ini memang dicoba perlahan," ungkap Mohammad Nuh.

Mengenai mata pelajaran IPA dan IPS untuk pendidikan dasar, ada dua alternatif yaitu mata pelajaran IPA dan IPS ini diajarkan integratif dengan mata pelajaran lain dan namanya tidak perlu muncul baik dari kelas I hingga kelas VI. Alternatif kedua, IPA dan IPS ini berdiri sendiri sebagai mata pelajaran ketika siswa masuk kelas IV hingga kelas VI.

Itulah beberapa alternatif yang menanti sikap serta penilaian publik. Anda tentunya diharapkan turut serta mengajukan pendapat, saran atau bahkan keberatan terhadap alternatif-alternatif yang ditawarkan pemerintah ini.  

Mengenai teknis sosialisasi kurikulum baru 2013, akan dilakukan secara online, roadshow ke daerah dengan menggandeng asosiasi guru, perwakilan orang tua dan pengamat serta terakhir melalui  forum diskusi.
Share Article on :

No comments:

Post a Comment