Thursday, February 14, 2013

DAK (Dana Alokasi Khusus) Untuk Pembangunan Pendidikan Menengah Tahun 2013


Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2013 merupakan tahun pertama dialokasikannya dana pembangunan Pendidikan Menengah yang disalurkan langsung ke Rekening Kas Umum Daerah (kabupaten/kota) melalui pemindahbukuan dari Rekening Kas Pemerintah. Alokasi DAK Bidang Pendidikan Menengah Tahun Anggaran 2013 untuk SMA dan SMK sebesar Rp. 4.016.520.000.000 (empat triliun enam belas milyar lima ratus dua puluh juta rupiah).

Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan tahun anggaran 2013 diperuntukkan bagi SMA dan SMK dalam rangka menunjang program Pendidikan Menengah Universal yang bermutu dan merata serta mencapai Standar Nasional Pendidikan.

Kabupaten/Kota yang berhak menerima DAK bidang pendidikan Tahun anggaran 2013 untuk alokasi SMA sebanyak 441 Kabupaten/Kota dan alokasi SMK sebanyak 434 Kabupaten/Kota. Penentuan Kabupaten/Kota dan besarnya alokasi dana ditentukan atas dasar kriteria umum, kriteria khusus, dan kriteria teknis yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan berdasarkan PP Nomor 55 tahun 2005. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berkewajiban memberikan data teknis yaitu jumlah sekolah yang rusak, kebutuhan perpustakaan, kebutuhan laboratorium, kebutuhan peralatan laboratorium, kebutuhan buku teks pelajaran dan kebutuhan buku referensi di setiap Kabupaten/Kota yang akan menjadi penerima DAK untuk dijadikan kriteria teknis oleh Kementerian Keuangan.

Penggunaan DAK bidang Pendidikan Menengah pada tahun 2013 diprioritaskan sebagai berikut :
  1. Penggandaan dan distribusi buku teks pelajaran diprioritaskan untuk seluruh peserta didik kelas X tahun pelajaran 2013/2014 sesuai dengan kurikulum 2013.
  2. Rehabilitasi ruang belajar rusak berat termasuk dengan perabotnya.
  3. Pengadaan sarana dan prasarana peningkatan mutu pendidikan terdiri atas:
          a. Pengadaan Peralatan Laboratorium;
          b. Pengadaan Buku Referensi;
          c. Pembangunan Laboratorium; dan
          d. Pembangunan Perpustakaan.

Semoga dengan program ini mendorong Pemerintah Daerah untuk memiliki komitmen yang lebih tinggi dalam membangun pendidikan di daerahnya masing-masing. Selanjutnya untuk detail penjelasan DAK bidang Pendidikan Menengah tahun 2013 dapat dilihat pada Juknisterlampir. Silahkan Download di http://dikmen.kemdiknas.go.id/dak2013/PERMENDIKBUD_DAK2013.pdf.

Sumber berita: http://dikmen.kemdiknas.go.id
Share Article on :

No comments:

Post a Comment