Saturday, February 1, 2014

Cara Mendaftarkan Siswa Kelas XII Calon Lulusan Tahun 2014 di PDSS


cara daftar siswa kls XII di PDSS

Selamat datang di blog SMP PGRI Jatinangor.
OK bahasan kita kali ini adalah tentang bagaimana mendaftarkan siswa kelas XII SMA/SMK yang akan lulus tahun 2014 ini di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS.

Kita persingkat saja. Setelah anda sampai di laman pdss.snmptn.ac.id, silakan masukkan NPSN sekolah Anda dan masukkan password. Password yang Anda gunakan adalah password yang pernah Anda buat ketika pertama kali mendaftarkan sekolah di PDSS. Ah tentang hal ini pastilah tanpa diberitahu pun Anda sudah tahu.

Klik login. Nah langsung saja Gan klik menu Kelas. Itu tuh yang ada di bagian atas (di situ ada Jurusan, Kurikulum, Kelas, Siswa). Next, klik Tahun 2011. Anda jangan heran bila di situ ada kelas XI (IPA/IPS) yang notabene sekarang sudah pada lulus. Tak apa tak perlu diambil pusing. Tugas Anda hanya klik Tambah Kelas. Pada Tingkat, centang X(10). Untuk jurusan, pilih jurusan yang sesuai. Jenis Kelas, pilih sesuai kenyataan. Nama Kelas, tulis apakah X1, X2, X3 dan seterusnya. Ah mudah!. Lalu klik simpan. Ulangi langkah ini dari awal sampai semua kelas X pada tahun ajaran 2011/2012 sudah didaftarkan.

Jika semua kelas X tahun 2011 sudah didaftarkan, akan terpampang tuh semua kelas X dari mulai kelas X1 sampai sekian. Nah klik nama kelas satu-satu. Lalu klik unggah daftar siswa. klik simpan. Ulangi sampai semua kelas telah diunggah nama siswanya. Ah gampang lah!

Selesai? OK sekarang klik Tahun 2012. Ulangi lagi dengan klik Tambah Kelas. Sekarang daftarkan semua kelas XI dengan mulai centang XI(11), jurusan pilih yang sesuai, jenis kelas dan seterusnya seperti yang saya terangkan di atas. Daftarkan semua kelas XI (IPA/IPS/Bahasa) sampai selesai. Jika sudah selesai klik lagi nama kelas untuk memasukkan nama-nama siswa untuk masing-masing kelas. Kali ini Anda tidak perlu lagi mengunggah nama siswa. Anda pilih siswa dari kelas sebelumnya yaitu dari daftar siswa kelas X yang tadi diunggah. Pilih tuh kelas XI IPA1 dari kelas X mana saja. siswa yang dipilih dicentang. Yang tidak jangan dicentang. Ah Anda pasti paham lah.

Tahap Akhir, klik Tahun 2013. Ulangi langkah yang tadi dengan pertama-tama klik tambah kelas. Ah bisa lah.

Jika semua telah selesai tinggal kita nanti membuat kurikulum dimana kita memasukkan mata pelajaran tambahan, memasukkan KKM untuk tiap semester, dan nilai tiap semester untuk masing-masing siswa. Wah lumayan juga tuh pekerjaan kita. Apalagi bagi sekolah yang banyak kelas dan siswanya. Ya saya mah hanya mengucapkan selamat bekerja saja atuh. Begadang saja Pak/Bu. Eit..jangan salah. Kan katanya sekarang ada uang lelah untuk pengisian PDSS. Mudah-mudah uang gede he..he.he.

Semoga bermanfaat (DM).

Share Article on :

No comments:

Post a Comment