Monday, November 16, 2020

Apa Itu AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum?

Pemerintah telah menghapus Ujian Nasional (UN) berdasarkan hasil Rapat Terbatas pembahasan UN, tanggal 24 Maret 2020. Alasan Penghapusan adalah karena adanya Pandemi Covid-19. Untuk selanjutnya, yaitu mulai tahun 2021, UN akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum atau yang disingkat AKM. Lalu apa itu AKM? Apa bedanya dengan UN? Bagaimana AKM dilaksanakan?

Apa itu AKM?
AKM adalah pengukuran terhadap dua kompetensi dasar yang harus dikembangkan siswa/murid, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi)
Asesmen literasi membaca dan numerasi pada AKM dapat ditinjau dari 3 komponen (aspek) yaitu: konten, proses kognitif, serta konteks.
 

Apa persamaan dan Perbedaan AKM dengan UN?
Berikut persamaan  dan perbedaan AKM dengan UN

 
Bagaimana AKM dilaksanakan?
AKM dilaksanakan secara online (berbasis komputer). Berbeda dengan UN yang dilaksanakan 4 hari, AKM dilaksanakan 2 hari. Untuk peserta, UN diarahkan untuk peserta didik tingkat akhir, sedangkan AKM diarahkan untuk siswa kelas V, VIII, dan XI. Jenjang pendidikan yang akan melaksanakan AKM adalah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MK.

Bentuk soal yang digunakan  dalam asesmen terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Jumlah soal yang akan dikerjakan dalam asesmen adalah 30 soal untuk kelas V, dan 36 soal untuk kelas VIII dan XI.

Demikian sekelumit gambaran mengenai AKM. Tentu saja tulisan ini masih jauh dari memadai dalam menjelaskan AKM secara kompreshensif. Mudah2an kedepan akan penulis perbaiki kekurangannya.

#AKM
#UN

No comments:

Post a Comment