Tuesday, October 30, 2012

Apa Itu Badai Sandy?

Badai Sandy, sistem tropis Atlantik terbesar dalam catatan, adalah siklon tropis akhir-musim yang telah mempengaruhi Jamaika, Kuba, Bahama, Haiti, Republik Dominika, dan pesisir timur Amerika Serikat, dan saat ini mempengaruhi daerah selatan wilayah Great Lake Amerika Serikat, dan Kanada Timur. Sandy berkembang dari gelombang tropis yang memanjang di Laut Karibia Barat pada 22 Oktober. Ini menjadi depresi tropis, menguat dengan cepat, dan meningkat menjadi badai tropis enam jam kemudian. Sandy bergerak perlahan ke arah utara menuju Greater Antillesr dan secara bertahap kekuatannya makin meningkat.
badai Sandy
 
Dalam meteorologi, siklon tropis (atau hurikan, angin puyuh, badai tropis, taifun, atau angin ribut tergantung pada daerah dan kekuatannya) adalah sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis. Sementara angin sejenisnya bisa bersifat destruktif tinggi, siklon tropis adalah bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer, yang memindahkan panas dari daerah khatulistiwa menuju garis lintang yang lebih tinggi.

badai Sandy

Sementara siklon tropis dapat menghasilkan angin yang sangat kuat dan hujan yang amat deras, mereka juga mampu menghasilkan gelombang tinggi dan gelombang badai yang merusak. Mereka menimbulkan gelombang air hangat yang besar,  dan kehilangan kekuatannya ketika bergerak  di atas tanah. Inilah alasan mengapa daerah pesisir bisa mengalami  kerusakan yang signifikan akibat siklon tropis, sedangkan daerah pedalaman relatif aman dari terjangan  angin kencang. Hujan lebat dapat menghasilkan banjir signifikan di pedalaman, dan badai dapat menghasilkan banjir pesisir yang luas hingga 40 kilometer (25 mil) dari garis pantai. Meskipun pengaruhnya terhadap populasi manusia dapat menghancurkan, siklon tropis juga dapat meringankan kondisi kekeringan.  Mereka juga membawa panas dan energi jauh dari daerah tropis dan mengangkutnya menuju garis lintang beriklim sedang, yang membuat mereka merupakan bagian penting dari mekanisme sirkulasi global atmosfer . Siklon tropis membantu untuk menjaga keseimbangan di troposfer bumi.

Kesimpulan: Badai Sandy adalah badai tropis (siklon tropis) yang berasal dari Samudra Atlantik yang melanda Jamaika, Kuba, Bahama, Haiti, Republik Dominika, pesisir timur Amerika Serikat, dan Kanada Timur akhir Oktober 2012.
Wikipedia: Hurricane Sandy, a tropical cyclone of the 2012 Atlantic hurricane season.

Sumber: Wikipedia.org
Share Article on :

No comments:

Post a Comment