Thursday, October 18, 2012

Ayo Menengok Data Center (Pusat Data) Google

Inilah foto-foto yang telah dirilis Google untuk memberikan gambaran sekilas kepada setiap orang  mengenai dimana Google menjalankan produknya. Ini merupakan langkah baru bagi Google karena selama ini, pusat data (Data Center) mereka teramat rahasia. Jangankan untuk umum, bahkan para pegawainya saja hanya segelintir yang diberi akses ke pusat pusat data tersebut.

foto google data center
 Council Bluffs, Iowa - Melayang di atas lantai di Council Bluffs, Iowa, skala data center mulai terbentuk. Balok baja besar menopang struktur dan membantu mendistribusikan daya.


foto google data center
Douglas County, Ga - Pipa-pipa warna-warni mengirim dan menerima air untuk pendinginan fasilitas. Juga tampak G-Bike, kendaraan pilihan bagi anggota tim untuk berkeliling di luar pusat data.


foto google data center
Berkeley County, Carolina Selatan - Ini adalah pandangan lebih dekat dari backup tape di tape library. Setiap memiliki barcode yang unik sehingga sistem robot Google dapat menemukan yang tepat.


foto google data center
Douglas County, Ga - Pipa-pipa seperti ini disiapkan dengan air bertekanan tinggi untuk mengantisipasi kebakaran. Air ini dibersihkan dan disaring sehingga jika digunakan, tidak akan mencemari fasilitas.


foto google data center
Douglas County, Ga - Blue LED pada deretan server menunjukkan jika semuanya berjalan lancar.


foto google data center
Hamina, Finlandia -Lantai server seperti ini membutuhkan ruang besar dan daya yang efisien untuk menjalankan keluarga produk Google untuk dunia. Di sini, di Hamina, Finlandia, Google memilih untuk merenovasi sebuah pabrik kertas tua untuk mengambil keuntungan dari infrastruktur bangunan serta kedekatannya dengan air pendingin Teluk  Finlandia.


foto google data center
The Dalles, Ore - Pipa bukan hal satu-satunya yang berwarna-warni di pusat data Google. Kabel ini diatur berdasarkan warna khusus mereka.


foto google data center
Mayes County, Okla - Sebuah pemandangan langka di belakang lorong server. Di sini ratusan kipas menyalurkan udara panas dari rak server ke sebuah unit pendingin untuk disirkulasikan. Lampu hijau adalah LED status server.


foto google data center
Puluhan ribu server ditampung dalam rangan-ruangan berukuran besar. Komputer-komputer ini menangani semua fungsi pencarian internet oleh pengguna berikut jasa-jasa lain yang disediakan Google.
Share Article on :

No comments:

Post a Comment