Tuesday, October 9, 2012

Dengan Kurikulum Baru 2013, Jumlah Mata Pelajaran Sekolah Dasar (SD) Hanya 7

jumlah mata pelajaran sd 7 mata pelajaran

Kurikulum 2013 Diuji Publik Februari 2013

Pemerintah hingga saat ini masih terus menggodok kurikulum baru 2013 yang akan menggantikan kurikulum KTSP 2006. Kurikulum baru 2013 akan siap untuk disosialisasikan dan diuji publik sebelum bulan Februari 2013 dan akan mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2013/2014 (Kompas.com/Selasa, 2 Oktober 2012).

Salah satu point penting dari Kurikulum 2013 adalah dilakukannya pemangkasan jumlah mata pelajaran (mungkin untuk setiap jenjang). Sejauh ini pemerintah baru mengungkapkan jumlah mata pelajaran untuk tingkat sekolah dasar (SD). Untuk tingkat SMP dan SMA belum ada keputusan berapa jumlah mata pelajaran untuk kedua tingkatan tersebut.

Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013

Untuk tingkat SD, jumlah mata pelajaran pada kurikulum 2013 adalah 7 (tujuh) mata pelajaran. Ketujuh mata pelajaran tersebut adalah: 
  1. Pendidikan Agama, 
  2. Bahasa Indonesia, 
  3. PPKn, 
  4. Matematika, 
  5. Kesenian, 
  6. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan, dan
  7. Pengetahuan Umum 
Jika ini benar-benar sudah fix dan tidak akan ada lagi perubahan, maka jumlah mata pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk tingkat SD, berkurang empat mata pelajaran dari kurikulum yang berlaku sekarang. Pada saat ini jumlah mata pelajaran di sekolah dasar adalah 11. Khusus untuk mata pelajaran IPA dan IPS dilebur menjadi Pengetahuan Umum.

Pemerintah mengungkapkan bahwa Kurikulum 2013 untuk tingkat SD akan lebih menekankan pada pendidikan karakter (pembentukan sikap).

Untuk berita terbaru mengenai jumlah mata pelajaran sekolah dasar (SD) pada kurikulum 2013, lihat postingan kami yang berjudul Pada Kurikulum 2013 Jumlah Mata Pelajaran Untuk SD (Kelas I - III) Adalah 6 Bukan 7
Share Article on :

2 comments:

  1. kurikulum 2013 akan berdampak krg baik untuk daerah pedesaan dan daerah terpencil karna :
    1. sebagian besar gurunya blm memahami penggunaan alat TIK
    2. Siswanya belum mengenal alat TIK sehingga apabila mata pelajaran TIK dihilangkan siswa mengenal alat TIK dr mn?
    3. mau dikemanakan guru-guru mata pelajaran TIK apa lg yg sdh menerima Tunjangan Profesi apakah tdk akan dirugikan dengan pemberlakuan Kurikulum 2013 ini?
    4. di daerah pedesaan dan terpencil sarana dan prasarana untuk pembelajaranx sy msh sgt minim bgmn mau mengajar menggunakan alat-alat TIK

    ReplyDelete
  2. Apa yang terjadi dengan guru bahasa Inggris yang sudah bertahun tahun mengajar bahasa Inggris? Dibuang kemana ? Apa disuruh mengajar kesenian, agama atau pelajaran lain? Membuang bahasa Inggris pada saat bangsa Indonesia menjadi masyarakat global apakah layak ? Apakah benar pelajaran bahasa Inggris SD merusak nasinalisme? Apa buktinya ? Dengan HP anak SD bisa komunikasi global melalui twitter, semua berbahasa Inggris. Umur menteri tinggal 1 tahun, ganti menteri baru yang mengerti pendidikan pasti akan merubah kurikulum ini.

    ReplyDelete