Thursday, October 11, 2012

Kurikulum 2013: Jumlah Mata Pelajaran Untuk SD (Kelas I - III) Adalah 6 Bukan 7

Jumlah mata pelajaran sd pada kurikulum 2013

Jumlah Mata Pelajaran SD Pada Kurikulum 2013

Pernyataan pemerintah yang menyebut tujuh (7) mata pelajaran untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) pada Kurikulum 2013 (Selasa, 2 Oktober 2012), diralat dengan pernyataan bahwa jumlah mata pelajaran untuk tingkat SD pada Kurikulum 2013 adalah enam (6) mata pelajaran (Kamis, 11 Oktober 2012). Keenam mata pelajaran tersebut adalah: 
  1. Pendidikan Agama, 
  2. PPKn, 
  3. Bahasa Indonesia,
  4. Matematika,
  5. Seni Budaya, dan
  6. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Keenam mata pelajaran di atas adalah untuk kelas I - III. Sedangkan untuk kelas IV -VI belum selesai digodok. Berarti pada Kurikulum 2013 akan ada perbedaan antara jumlah mata pelajaran kelas I - III  dengan kelas IV - VI sekolah dasar (SD). Tampaknya memang demikian.

Mapel IPA dan IPS Akan Dilebur

Sebelumnya ada mata pelajaran lain yaitu Ilmu Pengetahuan Umum yang merupakan peleburan dari dua mata pelajaran IPS dan IPA. Tentang hal ini, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kabalitbang Kemdikbud) Chairil Anwar Notodiputro menyatakan, "Menurut pandangan kami, kedua mata pelajaran itu belum perlu dipisahkan secara tegas. Akan kami lebur, dan namanya masih kita pikirkan." Mata Pelajaran IPA dan IPS tidak akan dibuang tapi akan dilebur dan namanya belum diberikan. Apakah ini berarti tidak jadi diberi nama Ilmu Pengetahuan Umum?

Bahasa Inggris Dihapus

Ada satu mata pelajaran yang jelas-jelas akan dihapus dari kurikulum Sekolah Dasar (SD) yaitu Bahasa Inggris. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, mata pelajaran ini ditiadakan untuk siswa SD karena untuk memberi waktu kepada para siswa dalam memperkuat kemampuan bahasa Indonesia sebelum mempelajari bahasa asing.


Penulis asli tulisan ini ada pada admin smppgrijatinangor.blogspot.com.
Copy paste (copas) silakan, tapi dimohon cantumkan sumber asli tulisan.

Share Article on :

No comments:

Post a Comment