Sunday, October 21, 2012

Mempercantik Blog Dengan Animasi

Salah satu cara untuk menarik minat pengunjung ke blog yang kita buat adalah dengan menampilkan animasi. Animasi ini penting karena kecenderungan manusia yang lebih tertarik pada sesuatu yang dinamis (bergerak) daripada yang statis. 

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan animasi di blog:
  1. Dengan menampilkan marquee
  2. Dengan membuat gambar atau foto animasi berformat gif
Marquee adalah teks berjalan. Berjalannya teks bisa dari kiri ke kanan, dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Penggunaan marquee di layar televisi adalah dalam bentuk teks berjalan di bagian bawah layar tv yang biasanya berisi berita-berita atau topik terkini.  Marquee sebenarnya tak harus selalu berupa teks. Bisa juga berupa image (gambar/foro). Contoh penggunaan marquee bisa anda lihat di blog ini yaitu pada gadget "Link" pada sidebar sebelah kanan atau pada submenu 'Pengurus' pada menu Profil.  
 
Foto Animasi dengan format GIF bisa anda buat dengan software pembuat animasi. Software yang pernah kami gunakan adalah PhotoScape. Selain software tersebut masih banyak yang lain yang bisa anda gunakan untuk membuat foto animasi. Jumlah foto/gambar yang hendak anda animasikan, terserah anda. Hanya harus dipikirkan, semakin banyak foto yang digabung menjadi satu file, semakin besar ukuran file tersebut. Dan ini pasti menyebabkan blog anda menjadi berat. Untuk contoh penggunaan animasi berupa foto dengan format gif bisa anda lihat pada menu Admin di blog ini. 

Contoh marquee:

Selamat Datang di Blog Kami

gambar bis


Contoh foto (gambar) animasi:
gambar monyet
gambar ini gabungan tiga gambar: "hear no evil", "see no evil, "speak no evil"



Penulis asli tulisan ini ada pada admin smppgrijatinangor.blogspot.com.
Copy paste (copas) silakan, tapi dimohon cantumkan sumber asli tulisan.

Share Article on :

No comments:

Post a Comment