Sunday, December 2, 2012

Kurikulum 2013: Alasan Penambahan Jam Pelajaran

Sebelumnya pemerintah menyatakan bahwa jumlah jam pelajaran di kurikulum 2013 akan ditambah. Ini merupakan kebalikan dari rencana pengurangan jumlah pelajaran untuk semua tingkat pendidikan (SD - SMA).

Dari Bahan Uji Publik Kurikulum 2013, inilah alasan rasional untuk rencana penambahan jam pelajaran di kurikulum 2013:
jumlah jam pelajaran akan ditambah

Berdasarkan alasan no 2 dan 3 di atas, inilah data yang disodorkan pemerintah:
jumlah jam pelajaran akan ditambah

Terlihat bahwa Indonesia berada di angka 6000 jam/tahun, padahal rata-rata jumlah jam pelajaran dunia berada hampir diangka 7000 jam/tahun. Tampaknya pemerintah Indonesia tidak ingin ketinggalan dibandingkan bangsa-bangsa lain di dunia dalam hal pendidikan sehingga merasa perlu memperpanjang waktu belajar siswa di sekolah.

Ada yang pro dan yang kontra terhadap rencana penambahan jam pelajaran ini. Tentu saja dengan argumentasi masing-masing. Tapi jika pemerintah berhasil meloloskan rencana ini maka akan terjadi penambahan jam pelajaran untuk masing-masing tingkat seperti terlihat pada tabel di bawah ini: 

jumlah jam pelajaran akan ditambah
Dari tabel di atas terlihat bahwa jumlah jam pelajaran per minggu untuk sekolah dasar (SD) akan bertambah rata-rata 4 jam pelajaran untuk masing-masing kelas. Mata pelajaran Pendidikan Agama mengalami penambahan jam pelajaran dari 3 menjadi 4, sedangkan PKn yang akan menjadi PPKn mengalami lonjakan jam pelajaran per minggunya dari 2 jam pelajaran menjadi 6 jam. Ini tentu terkait dengan rencana memasukkan materi IPS kedalam bahasan PPkn. Demikian juga dengan Bahasa Indonesia dan Matematika yang mengalami penambahan jam pelajaran karena didalamnya akan ada materi IPA.

Untuk SMP, rencana penambahan jam pelajaran dapat kita lihat pada tabel berikut:

jumlah jam pelajaran akan ditambah
Untuk SMP, dibandingkan dengan kurikulum yang sekarang berlaku, pada kurikulum 2013 akan mengalami penambahan jam pelajaran 6 jam/minggu untuk semua kelas. Terlihat bahwa Bahasa Indonesia akan bertambah 2 jam pelajaran/minggu, PPKn 1 jam, matematika 1 jam, IPS 2 jam, seni budaya 2 jam, dan Penjaskes 1 jam. Jumlah jam pelajaran per minggu 38 jam pelajaran.

Sumber data: Bahan Uji Publik Kurikulum 2013.

Penulis asli tulisan ini ada pada admin smppgrijatinangor.blogspot.com.
Copy paste (copas) silakan, tapi dimohon cantumkan sumber asli tulisan.

Share Article on :

No comments:

Post a Comment